That controversial movie, that crazy marketing strategy movie, 2012.



Jadi akhirnya, saya juga ikut termakan untuk nonton film ini.

Pertama kita jabarin dulu yuk kontroversial yang ngekor di film ini:
1. 2012 adalah tahun kiamat. THE END of the world. Pertama kali dihembuskan oleh entah siapa yang bikin heboh di internet. Setahun yang lalu, Mama Loreng ikut2an kasi statement kalo dia ga bisa menerawang setelah tahun 2012 (yang diinterpretasikan sama anak2 kalo dia koit di tahun 2012--jahat tapi cerdas)

2. MUI heboh sejak ditayangkannya film ini, yang jatoh2nya malah ngeluarin statement BODOH. cek disini! Kenapa saya bilang bodoh, hanya orang yang uda nonton filmnya yang bisa jawab.

Semua orang ngomongin film ini, kaskus, twitter, facebook, plurk, blog (termasuk saya), online news, di jalan, di kampus, practically smuaaaaaaaaaa orang, bahkan mamak2 yang biasanya ga pernah ke bioskop pada penasaran juga.

Okeh jawaban nomor 1 menurut meiisme sotoy:
1. Smua ini hanya strategi marketing, sayang..
Tidak pernah ada yang namanya ramalan kiamat dari suku Maya, yang ada hanyalah siklus kalender yang habis. Ilustrasinya seperti ini, inget pada tahun 2000, kita juga sempet geger karna konon katanya semua sistem komputer n internet bakal down karna ga mampu baca tahun diatas 2000. Penjelasan singkatnya adalah siklus kalender Maya habis di 21-12-2012, dan bakal start lagi di titik 0.
Penjelasan lengkapnya baca aja disini.

So, apa yang kalian tangkap disini? Ada pihak2 tertentu yang sengaja memblow-up "kisah" 2012. Siapa? Kita jawab nanti setelah menjawab kontroversi kedua yah..

2. MUI oh MUI
Untuk semua yang mau berkomentar tentang film ini, saya sarankan untuk nonton dulu baru komentar jadi jangan kaya organisasi satu ini yah...
Saya ga maksud SARA, saya tadinya respect sama mreka kok, sampai keluarlah statement tadi di atas. ckckck, MUI ini kaya orang tua kita masing2, maksud hati melindungi anak2 tapi jadinya malah keblenger.

Bapak2 yang saya hormati, saya bayarin de tiketnya buat nonton, diem2 kalo perlu kalo takut ketauan mah..

Pertama ya pak, kubah yang Anda sebut2 runtuh itu adalah St. Peter Basilica di Vatican, bukan mesjid. Beside, sutradara yang Anda sebut2 yahudi itu TAKUT kok sama Anda, jadi Ka'bah baik-baik saja di film itu.
Kalaupun ternyata versi uncut ada adegan seperti itu, maka akan sangat dimengerti. Kenapa? itu untuk semakin menguatkan cerita. Mereka butuh ikon2 terkenal di dunia untuk menegaskan kuatnya bencana yang terjadi. Saya aja yang Kristen biasa aja liat Vatican hancur. Suku Maya tuh yang harusnya tersinggung dan marah, wong mereka digambarkan bunuh diri massal. Tapi ya udahlah, kenyataannya TIDAK ADA adegan yang Anda ributkan itu.

Okeh, sekarang apa yang saya dapatkan setelah nonton film ini?
Secara keseluruhan film ini saya nilai "7" karena ceritanya yang lebay dan tidak masuk akal. Tapi tetep saya suka dan saya rekomendasikan semua orang nonton karena efeknya yang *so real* dan harus nonton di bioskop karena sound system sangat mempengaruhi konsentrasi menonton.

Satu hal yang perlu dikoreksi dari film ini adalah ini bukan film tentang kiamat. Kenyataan kalau masih ada yang selamat (bahkan satu benua) nunjukin kalo 2012 "cuman" sekedar film tentang bencana.

Still, tetep ada yang bisa kita ambil dari film ini. Contohnya gw merumuskan 3 hal yang pengen gw lakuin:
1. gw pengen belajar berenang. Jadi inget kata2 Andrea Hirata di salah satu bukunya: "Pelajaran moral no sekian, kalau ga bisa sholat, pintar2lah berenang."
Keinginan ini tercetus pas liat bokapnya doktor siapa gitu yang lagi di kapal trus kapalnya oleng gara2 tsunami.
2. gw pengen tobat. meaning: bener2 mulai act like a real Christian.
3. gw pengen hidup gw berguna untuk orang lain dan lingkungan. gw ga mau jadi orang yang menyumbang kerusakan bumi. mau hidup lebih baik lagi.
AMIN!

So, MUI shouldn't worry actually. Film ini tend to be a good sign, orang2 mulai inget kalo bencana akan sering datang seiring rusaknya ekosistem lingkungan, kiamat memang akan terjadi SUATU hari nanti, dan kematian ada di tangan Tuhan. Ayo, berapa orang yang inget adegan2 penghancuran pada saat berdoa/sholat begitu selesai nonton? gw yakin ga gw doank.

Buat yang belum nonton dan jadi penasaran, cari aja trailernya di 21. ^^

8 Response to "That controversial movie, that crazy marketing strategy movie, 2012."

  1. phonank says:
    10:01 AM

    Gara2 pemberitaan yg kontroversi dan issu juga peramal2 yg ikut komentar...

    FILM ini menjadi sangat luar biasa...
    WAH banget...

    saya sudah menonton film ini, saya rasa film ini biasa saja..!
    gak terlalu gmn2...

    malah lbh bagus transformers,,

    film 2012 ini ceritanya mirip2 sama WAR OF THE WORLD

  2. Ibel_abel says:
    10:52 AM

    betul..setelah aku tonto ternyata film ini biasa2 aja...gk ada hubungannya dg isu kiamat....memang hanya taktik strategi marketing aja...

  3. pope says:
    8:46 PM

    iya biasa aja ni film....cuma banyak pesan juga yang bisa diambil...cthnya:kebersamaan, sling tolong, dan juga buat kita jadi takut akan kematian yang semakin dekat hingga buat kita jadi sadar ama DOSA...Jadi biar lebih dekat ama dia....hahhaha...Sebenernya w ampir tidur waktu nonton ni film...wkwkkw

  4. Meilani says:
    6:48 AM

    iya,, lama banget ya durasinya..
    2 stengah jam hehehehe...

  5. irfan maulana says:
    12:13 PM

    blogwalking....
    keep writing....

  6. Miss Is says:
    10:49 AM

    menurut saya ini film mah biasa aja...
    cuman karena ada kehebohan kiamat bakal terjadi di tahun 2012 aja makanya ni film ikut2an heboh....

    nice posting...

    boleh tukeran link??

  7. Erdien says:
    9:37 AM

    Kunjungan balik nih Gan!

    Sukses buat Skripsinya

  8. Meilani says:
    8:40 PM

    @miss is boleh donk hehehhe...

    @erdien widih langusng dikunjungin balik gini, thx ya gan...
    kaskuser ya???
    hahahhaha...