April Mop Your Head Bald (terjemahin secara harafiah)

STORY OF SARDAN
Museum Adm. : That's a 500-year-old statue you've broken.
Sardan : Thank God! I thought it was a new one.

Suka Kentut
Yuk Jah pergi periksa ke dokter "Kenapa Anda, Bu?" tanya Pak Dokter.
Yuk Jah kemudian bercerita, "Ini Dok, sudah sebulan ini saya kok jadi sering kentut. Dalam 1 jam saya bisa kentut sampai 10 kali, tapi untungnya kentut saya ini nggak bau sama sekali dan tidak bersuara, jadi tidak ada yang tahu. Lha ini aja pas saya duduk di depan dokter udah tiga kali sya kentut. Tapi dokter nggak tahu kan? Tapi saya jadi ngga enak sendiri, masak perempuan suka kentut."
"Oh begitu ya, kalau begitu tebus saja resep ini, seminggu lagi kembali ke sini ya." kata dokter.

Seminggu kemudian Yuk Jah kembali ke dokter.
"Sudah baikan?" tanya dokter.
"Sayaga yau obat apa yang dokter berikan minggu lalu, hanya saja kentut saya kok jadi bau busuk banget nggak karu-karuan ya, sampai saya mau jatuh ngejeblak. Tapi untungnya kentut saya tetap tidak bunyi," kata Yuk Jah.
"Bagus. Berarti hidung Anda sudah tidak mampet lagi. sekarang tebus resep ini ya."
"Lho?? Obat apa lagi ini, dok?" tanya Yuk Jah.
"Obat telinga tersumbat..."

Sumber: majalah Gogirl Maret 2009

***

Rada telat banget ya bo, gw baru ngebahas april mop hari gini tapi pengen aja karena kesel gw jadi krban april mop ini! (skali lagi: APRIL MOP YOUR HEAD BALD!)

***

Jika anda dengar teriakan ini pada tanggal 1 April, berarti ada satu orang lagi tertipu! Pada hari ini orang percaya bahwa sah-sah saja membohongi orang lain. Misalnya menelpon orang untuk datang kerja padahal itu hari liburnya atau menukar isi tempat gula dengan garam atau memajukan jam seseorang sehingga ia hadir di suatu acara lebih awal dan masih banyak lelucon klasik lainnya.

Banyak website yang menawarkan cara-cara membohongi korban anda pada hari ini, Anda bisa klik, antara lain april1st.net, computer pranks.com. dan thefreesite.com
Hari April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke 16 di Perancis,. Menurut keterangan pada website USIS dulu awal tahun baru itu jatuh pada tgl 1 April. Cara merayakannya mirip dengan sekarang, dengan pesta, dansa dansi hingga pagi. Kemudian th 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum dengar atau tidak percaya adanya perubahan ini. Jadi mereka terus memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang2 inilah yang disebut April Fools atau secara harafiah berarti orang2 yang tertipu di bulan April.

Teori lain yang dimuat The Washington Post mengatakan tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno, saat orang merayakan festival Ceres awal April. Ceres adalah dewi panen yang putrinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

Kebiasaan membohongi teman dan anggota keluarga ini, diduga menyebar dari Perancis, ke Inggris dan Skotlandia, lalu ke Amerika waktu terjadi emigrasi orang Eropa ke sana.

Di Perancis ,disebut Poisson d’avril atau ikan April. Mereka percaya ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu.Di Skotlandia istilahnya April gowk, yang berarti burung tekukur yang disana melambangkan kepolosan. Di sana, April Fools Day malah diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Oke2 aja kalau anda menempel tulisan “Kick Me” pada bokong teman anda.

Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.

Ada sebuah kesimpulan mengenai hari penuh lelucon ini, mengutip penulis terkenal Mark Twain :The first day of April is the day we remember what we are the other 364 days of the year. (Sumber: http://www.voanews.com/indonesian/archive/2002-04/a-2002-04-08-9-1.cfm)

Contoh penipuan besar2an:
1. Lelucon sukses berhasil disebarkan sebuah stasiun radio di Canada, yang menyiarkan bahwa the Royal Canadian Mint, mencetak koin dua dolaran yang terbuat dari emas murni. Hebohlah pendengar mencarinya dalam kumpulan receh mereka. Sampai tangan pegel juga ngga bakal ketemu.

2. Program televisi BBC, Panorama membuat sebuah lelucon terkenal pada tahun 1957, yang menampilkan orang-orang Swiss memanen spaghetti dari pohon. Banyak orang yang menghubungi BBC untuk mengetahui cara menanam pohon spaghetti mereka sendiri. Hal ini pernah difilmkan dalam St. Albans

3. Newsletter New Mexicans pada April 1998 mengandung artikel yang ditulis oleh seorang ahli fisika Mark Boslough yang menyebutkan bahwa undang-undang Alabama telah mengubah nilai dari konstanta pi ke angka 3.0. Pernyataan ini sebelumnya pernah muncul pada cerita berita novel fiksi ilmiah tahun 1961, Stranger in a Strange Land oleh Robert A. Heinlein

Dan gara2 april mop, orang2 suka ga percaya pas beneran ada kejadian, contohnya:
1. Pada 1 April 1946, tsunami gempa Pulau Aleutian membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan "Tsunami April Mop", karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

2. Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/April_Mop

***

Gara2 budaya ga penting ini gw begadang ngerjain tugas yang baru bakal dikupulin 2 minggu lagi. Trus gw nyebar kabar bohong huhuhu.. mdh2an dosanya ditanggung ma orang yang boongin gw ituuuu!!!

***

Tapi gw jadi inget kejadian bertahun-tahun yang lalu, pas gw smp, miau aa liman inget ga?
Jadi ceritanya, 1 April, gw ada prktikum Biologi di skul. Pai-pagi, gw ama anak-anak uda dateng skul becanda-becanda soal April Mop.. Stiap ada yang datang kita bilangin resletingnya kebuka ato kancing bajunya yang kebuka (buat cewe).
Nah, guru pembimbing lab bio itu terkenal galak, killer dll dan amat sangat kita benci..

Pas si guru dateng kita cuman senyum2 doank, pada takut dimarahin, tapi salah satu temen gw namanya Suriani, malah entah dengan bodoh ato polosnya, dia nunjuk2 kancing si ibu seolah2 ngasi kode kalau kancing si ibu kebuka. Jah, ketipulah si ibu. Heboh!!
si Ibu ngamuk! Suriani ditampar di depan kelas! hehehehe... Sejak saat tiap april mop kita pasti ngejek2in temen gw yg malang itu hehehe...

That's it y,
gmana pngalaman kaiian di april mop?
dikerjain ato ngerjain??

6 Response to "April Mop Your Head Bald (terjemahin secara harafiah)"

  1. Yohanna says:
    5:49 PM

    waduh
    suriani d tampar boww???
    bujubusyetttt

  2. .: richie :. says:
    9:26 PM

    brrrrrrrt.... *suaru kentut* hehehe

  3. pope says:
    7:59 PM

    iya keinget tu lucu kaliii.....
    masi ingat waktu kita tanya ancua sur????
    dia jawab "w tiok pa a!!!""""hahaha..Puas w dengernya....Kejamnya diriku...Alhamdulilah w ngak sempet nunjuk kancing...wkwkw

  4. Miss Is says:
    2:23 PM

    Sampai ditampar???
    Gile bener

  5. Meilani says:
    5:31 PM

    iya,
    eh gw lupa namanya syapa y??
    nama c guru..

  6. Anonymous Says:
    11:27 PM

    korban nya datangg.... i'm coming...
    sial lu nin, sng bgt dgr gw kena tampar... ck ck ck.. nanti dia bakal kena karma tu.. wkwkwkwk..
    IBU yg ga tau tradisi, masa april moop aja dia ngambek nya ampe segytu nya..
    masi untung ga gw jeritin, resleting nya terbuka.. lbh dasyat lg itu.. br kancing baju aja, uda panik begytu dianya, wkwkw...
    makin dipikir, makin lucu yaa... >.<