Blogging juga ga bebas?

Ada artikel yg menarik banget di detik.net, linknya ada disini, atau kalau mau baca langsung saia masukin juga d..

Menghina Penguasa, Blogger Dibui 20 Tahun
Fino Yurio Kristo - detikinet


Nay Phone Latt (opednews)
Yangon - Seorang blogger muda Myanmar harus terenggut kebebasannya karena dijatuhi hukuman bui 20 tahun lamanya. Menurut keterangan otoritas Myanmar, blogger bernama Nay Phone Latt itu terbukti bersalah menghina penguasa dalam postingan blognya.

Dikutip detikINET dari AsiaNews, Selasa (11/10/2008), Latt telah dipenjara sejak Januari 2008 dan dinyatakan bersalah dalam proses hukum. Ia didakwa memiliki video terlarang serta mempublikasikan gambar kartun di blognya yang dinilai menyerang penguasa junta militer Myanmar, jenderal Than Shwe.

Sebelumnya, Latt memang dikenal berani memposting tulisan-tulisan di blog yang mengkritik penguasa. Bahkan, blognya menjadi sumber informasi penting pada saat gejolak demonstrasi besar-besaran biksu di Myanmar pada junta militer, yang menyeruak di tahun 2007.

Misalnya di bulan September 2007, blognya pernah menjadi sumber informasi media-media internasional terkait berita pembantaian yang dilakukan militer pada para biksu.

Tak pelak, penahanan Latt ini diprotes masyarakat pembela hak asasi manusia, misalnya lembaga Reporters Without Borders. Mereka menyerukan agar para blogger di seluruh dunia melakukan aksi protes terhadap keputusan hukum junta militer yang sewenang-wenang itu.
***

Well, saia lumayan shock bacanya, tadinya saia pikir blog tuh uda sarana yang paling bebas dalam berpendapat (inget kasus indon: blog yg menghina indonesia banget2 tapi pemilik blog ga diapa2in) secara blog dan internet secara umum adalah media tanpa gatekeeper. Ternyata eh ternyata pemerintah Myanmar lumayan iseng mantauin perkembangan blog di negaranya. Tadi di kampus baru aja dibahas sebenarnya perlu ga sih gatekeeper dalam internet. Soalnya, uda banyak kasus anak di bawah umur mengakses pornografi dan kalaupun iya ada gatekeeper bisa efektif ga, ngaruh ga sama yang jadi sasaran?
Kaya kasus pas situs2 porno di indonesia diblock, perasaan besoknya anak2 udah langsung dapet cara buat akses lg.. ckckck..

Well guys, u should help me find the answer.

6 Response to "Blogging juga ga bebas?"

  1. Meilani says:
    11:18 PM

    kumen.. kumen..

  2. Yohanna says:
    12:11 AM

    haha =]
    kalo yang ini,
    jujur gw bener2 ga da pengetahuan sama sekale
    secara gw ga baca koran
    haha =]

    ttg penataan bahasa lu
    ckck
    sejak kapan nih pake 'saia'?
    haha =]

  3. Bonaire says:
    3:54 AM

    Meskipun media merupakan sarana yg paling bebas untk mengungkapkan sesuatu, tetep aj qta mengenal yg namanya etika.. Nah, umumnya pengakses Internet di Indonesia ga punya etika, kurang menghargai privasi dan cenderung menyalahgunakan standar yg ada..

    Hwaa..ngantuk ni, mei..
    Mana kuliah dinkel jam 8 pula.hwahahaha

  4. Meilani says:
    10:00 AM

    nana:
    tag-nya juga kan "agak serius" hehe..
    kalo beneran srius mah make "saya" beneran.. ^^

    iya niy, lagi nyoba2 nulis yg ada hubungannya ma kuliah tapi jadinya ngambil artikel org wekekekek..


    bon2:
    slamat y bon, pasti dinkel presentasi lg nyak?
    wakaka..
    smangat!

  5. luzman says:
    7:40 AM

    kalo blog sayah mah isinya pan tentang inter ama persib..
    gak mungkin dipenjara dung walau kadang-kadang ngejelikin tim lain kayak ngejelek-jelekin persija, milan, juventus, atau roma..

    hoho..
    masih kenal nah aku sama dikau.. dulu kan 2 kali sekelompok pas POSTER.. hoho
    kemaren juga pas PBM kamu kan duduk di depan sayah.

    oh iya ada blog satu lagi nih saya teh tulisan-tulisan ga jelas yg bukan ttg bola
    klik di sini

  6. Meilani says:
    1:47 PM

    hehe,
    thx y lusman.
    blog yg kumaha saya juga uda baca koq...